Translate





Monday, October 22, 2012

phobic children swim


phobia / fobia berenang anak anak, Rasa takut berenang bila dilihat adalah masalah sepele, namun bila dibiarkan saja tidak baik untuk pertumbuhan emosi anak anak yang tidak sama dengan anak anak pada umumnya. Maka kita harus berupaya memberikan motivasi yang lebih untuk keberanian berenang anak anak.

phobic children swim


Pada umumnya anak usia balita (bayi dibawah lima tahun) akan takut air. Kecuali kalau dia pernah mempunyai suatu pengalaman yang menakutkan tentang air, misalnya tersedak atau bahkan nyaris tenggelam saat berenang hingga hidungnya banyak kemasukan air.

Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan pembiasaan secara bertahap. Misalnya, awalnya biarkan anak sekadar merendam kakinya atau menciprat-cipratkan air di kolam, bermain mainan sambil tetap mengenakan pakaian renang. Bisa juga dengan memasukkan anak ke klub renang yang ditangani ahlinya, atau sesering mungkin mengajak berenang bersama saudara atau teman-teman seusianya.

Tentu saja sambil terus didampingi dan dibangun keyakinan dirinya, bahwa berenang sungguh menyenangkan dan tidak perlu takut. Kalaupun anak tetap takut, jangan pernah memaksa apalagi memarahi, atau melecehkan rasa takutnya. Seperti, “Payah, ah! Berenang kok takut!”

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Followers

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes