Translate





Saturday, June 29, 2013

Teknik Renang Gaya Bebas

Materi teknik tentang gaya renang yang telah kita bahas satu persatu adalah renang gaya kupu-kupu, renang gaya dada, renang gaya punggung dan sekarang adalah tentang teknik renang gaya bebas yang benar. Teknik renang gaya bebas salah satu teknik yang paling populer karena renang gaya bebas adalah yang tercepat diantara gaya yang lain, kelebihan lainnya adalah efisien dan sangat mudah dipelajari.

Dalam mempelajari teknik renang gaya bebas yang benar yang perlu diperhatikan adalah keadaan posisi badan yang membentuk satu garis lurus dan pada saat jeda (recovery) posisi gerakan kedua tangan berada di atas permukaan air. Posisi badan yang membentuk satu garis lurus memungkinkan sedikit sekali hambatan yang diterima tubuh waktu melakukan gerakan renang.

Teknik Renang Gaya Bebas
Teknik Renang Gaya Bebas


Supaya mampu menciptakan renang gaya bebas dengan baik dan benar harus mengetahui teknik dasar untuk renang gaya bebas sebagai berikut ini:
  1.  Posisi Badan: pada gaya bebas harus lurus mendatar dengan keadaan telungkup, keadaan posisi tungkai kepala, punggung harus selurus mungkin dengan permukaan air dan termasuk anggota badan lainya harus mendatar dengan permukaan air seperti pantat, tumit, bahu dan dahi untuk menghindari berkurangnya laju saat berenang.
  2. Untuk mendapatkan laju kecepatan berenang harus menggerakan kaki dengan benar dan dilakukan tanpa henti karena gerakan kaki adalah sumber dorongan terbesar saat berenang. Untuk melakukanya dengan teknik posisi kedua kaki posisi lurus namun tetap rilexs dan punggung telapak kaki ditarik hingga lurus kebelakang. Gerakan dilakukan kebawah permukaan air di awali dari pangkal paha kemudian tungkai bawah dan selanjutnya lecutan pergelangan kaki. Lutut dan pergelangan kaki kaki tetap rilexs akan menambah lecutan kaki di air. Gerakan kaki secara vertikan keatas dan kebawah melewati permukaan air. Sedangkan gerakan kedua kaki dalam renang gaya bebas dapat dilakukan dengan periode dua kali pukulan kaki dan dua kali tarikan tangan, empat kali pukulan kaki dua kali tarikan tangan dan enam kali pukulan kaki dan dua kali tarikan tangan.
  3. Posisi gerakan tangan pada renang gaya bebas adalah pada saat lengan masuk ke dalam air, ibu jari tangan masuk terlebih dahulu di ikuti pergelangan tangan dan lengan atas. Posisi tangan yang masuk ke dalam air adalah di depan bahu lalu siku dibengkokan ke depan dan kebawah, jari rapat kemudian pergelangan tangan ditekuk sedikit. Gerakan periodik yang harus dilakukan dengan teknik menarik dengan gerakan seperti mengayuh tangan ke arah pusar dengan cara menekuk siku di depan dada, teknik gerakan ini disebut dengan gerakan menarik (pull). Setelah tangan melalui sekitar posisi pusar dorong kebelakang dan siku mendekat ke badan, teknik gerakan mendorong ini disebut dengan gerakan mendorong (push) dengan dilakukan lurus di samping badan. Selanjutnya digerakan mengayun ke luar permukaan air dengan jari-jari yang keluar dahulu , gerakan lengan melewati paha dan keluar dari permukaan air disebut gerakan kembali (recovery).
  4. Pernafasan sangat penting sekali dalam pengambilannya supaya tepat dengan gerakan dan frekwensi gerakan. Pengambilan nafas gaya bebas dengan cara memalingkan kepala atau memiringkan kepala ke samping kanan atau kiri. Gerakan ini bertujuan supaya mulut keluar dari permukaan air, pengambilan nafas dilakukan melalui mulut dan dikeluarkan sedikit demi sedikit pada waktu posisi muka didalam air, gerakan pengambilan nafas ini dilakukan bersamaan dengan akhir gerakan tangan.
  5. Yang tidak kalah pentingnya adalah koordinasi gerakan yang diharapkan mendapatkan kecepatan yang berkesinambungan  dengan kecepatan maksimal. Sedangkan pengertian koodinasi gerakan adalah kesatuan teknik yang dilakukan dalam gaya bebas dimulai dari lengan masuk, kaki kanan ke atas, lengan kiri masuk, kaki kiri keatas. Atau keseluruhan dari rangkaian gerakan renang yang dilakukan secara berurutan dan berkesinambungan.
Demikian bahasan teori dari teknik renang gaya bebas, apabila ada kesalahan dalam teknik ini kami mohon koreksinya dengan meninggalkan komentar, karena akan sangat kami hargai sebuah komentar anda yang membangun, semoga bermanfaat.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Followers

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes